Kamis, 22 Oktober 2020

Menikmati Keindahan Wisata Alam Pangandaran yang Eksotis

Pada kunjungan saya ke Pangandaran yang masih pedesaan-namun-sedikit-turis, saya bisa pergi spelunking di taman nasional dekat Pantai Barat. Saya check-in ke Rumah Bambu dekat Pantai Pangandaran (dua kilometer dari Pantai Barat dan dekat Terminal Bus) dan bertemu Kurniasih, orang pertama yang biasa Anda temui saat melangkah ke halaman penginapan. Hotel ini memiliki bar pantai di Pantai Pangandaran dan kafe di Pantai Barat. Keduanya merupakan tempat yang indah untuk menghabiskan malam dengan makan dan minum.

Green Canyon

Setiap kunjungan ke Pangandaran memiliki itinerary yang mencakup sungai Green Canyon, meski jaraknya satu jam dari kota pantai kecil ini. Kepemilikan Green Canyon mungkin dimiliki oleh Pangandaran dan Ciamis dalam industri pariwisata. Air sungai yang sebening kristal mengundang. Perahu selalu siap selama 15 sampai 20 menit perjalanan yang membawa Anda ke gua berlindung dengan batu besar di mulutnya. Perahu berlabuh di sana dan Anda bisa berenang di bagian yang tersisa di luar bongkahan batu di air dingin. Saya ingat pernah menangkap siluet seorang tukang perahu pada titik ini bertahun-tahun yang lalu. Saya akhirnya mendapatkan lebih banyak gambar kali ini.

Pantai Batukaras

Matahari, pasir, dan ombak. Mereka semua ada di Batukaras, membuat Pangandaran kabur hari ini. Petugas ticketing di stasiun kereta api Bandung bahkan sempat bercerita tentang Batukaras dalam perjalanan ke sini - "Mau ke Pangandaran? Saya akan menyarankan tempat yang lebih baik, Batukaras. Ini memiliki pantai yang lebih baik." Bukankah pernyataan itu berbicara banyak tentang persaingan? Namun menurut pengamatan saya, pantai Batukaras sendiri belum cukup menarik banyak pengunjung. Masih harus bergantung pada kemegahan Green Canyon yang berjarak 15 menit berkendara. Pada saat yang sama, ada baiknya melihat beberapa hotel nyaman seperti Java Cove dan restoran tepi pantai di sini.

Jelajah Gua Dekat Pantai Barat

Setidaknya ada lima gua termasuk gua buatan Jepang yang ada di Taman Nasional Pangandaran. Pemandu wisata membawa Anda melalui semua ini hanya dengan US $15 hingga US $20 sebelum mengantar Anda ke pantai pasir putih, sebelah utara Pantai Barat. Anda bisa melihat Pantai Barat dari sini. Setiap gua memiliki sejarah dan mitosnya sendiri. Gua Kramat mungkin yang paling menarik dan terdalam. Keluar dari gua ke udara segar, saya berjemur di pantai pasir putih sebelum trekking ke pantai rahasia di sisi lain. Perjalanan ini melibatkan berjalan di atas bebatuan karang, batu besar, dan beberapa petak berpasir. Ini membawa Anda ke jalan buntu di mana Anda dapat melihat pantai tersembunyi di mana hanya sedikit yang peduli untuk berjalan dengan susah payah hanya karena itu melibatkan beberapa pendakian yang sabar. Seluruh area ini, pantai, perairan karang, dan tebing yang mengelilinginya terlihat sangat prasejarah. Hanya dua orang nelayan lokal dan saya. Anda harus keluar dari daerah ini sebelum jam 4 sore karena air pasang menggenangi setelah itu.

Desa

Di hari terakhir saya, saya naik sepeda motor menyusuri desa-desa yang terkena tsunami 2004. Banyak penduduk desa kehilangan rumah dan kerabat mereka pada hari yang menghancurkan itu. Namun, penduduk desa telah lama kembali ke gaya hidup normal mereka, dan pertanian adalah panggilan utama mayoritas. Saat mengendarai sepeda motor saya menikmati pemandangan hijau di sekitar yang menakjubkan, disediakan oleh sawah, pohon pisang dan tanaman lainnya. Rumah petani tersembunyi di lingkungan sylvan ini. Saya mengunjungi salah satu dari mereka untuk mengobrol dengan penduduk setempat. Puncak dari kunjungan saya adalah pertemuan saya dengan kelelawar yatim piatu, dirawat oleh seorang petani dan keluarganya. Itu dibiarkan tergantung di tiang bambu di depan rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar